Petualangan ke Curug Malela

Ada yang tau Curug Malela? Wajar kok kalo gak tau, saya juga baru tau waktu salah satu teman di BPI ngajak trip ke sana sebelum bulan Ramadhan tahun ini. Saya langsung googling, dan ternyata sedikit sekali informasi tentang curug yang disebut sebagai Niagara mini ini. Curug yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini bahkan gak ada di Google Maps. Pheew…

Karena kesibukan masing-masing anggota, trip Curug Malela akhirnya batal. Tapi setelah lebaran saya yang baru jadi pengangguran dan kebetulan sedang ngadem di Bandung akhirnya ngajak pacar ke sana. Malam sebelum keberangkatan saya googling lagi trek perjalanan ke Malela. Kalau kata orang-orang yang sudah pernah ke sana sih treknya berat dan jauh, jadi harus benar-benar siap fisik & mental. 

Rencana berangkat jam 6 pagi akhirnya ngaret sampai jam 11 siang (ya maklum pacar saya paginya jam 11 :D). Kalau menurut Google Maps sih perjalanan dari Jalaprang ke Gunung Halu kira-kira satu jam lebih sedikit. Perjalanan dimulai dari Jalaprang menuju Padalarang, kemudian belok ke arah Cililin. Di pertigaan sudah ada petunjuk arah menuju Curug Malela, saya langsung girang karena mengira si curug sudah dekat. 

Ternyata dugaan saya salah. Perjalanan ke Cililin saja butuh waktu lebih dari satu jam. Dari Cililiin lanjut ke Gunung Halu juga makan waktu lebih dari satu jam, dengan jalan berkelok kelok mendaki gunung lewati lembah. Setelah lewat Kecamatan Gunung Halu, melewati perkebunan teh, kita baru sampai di Kecamatan Rongga, tempat Curug Malela berada. Jangan bayangkan besarnya kecamatan di daerah gunung sama dengan di Koa Besar, satu kecamatan kayaknya bisa seluas kota Bandung. Jadi, sudah sampai Rongga pun Malela ternyata masih jauh, hahahah

Makin dekat dengan Curug Malela, jalanan mulai jelek macam jalur off road. Meskipun jalannya terpencil, gak perlu khawatir nyasar karena banyak petunjuk arah ke Curug Malela. Setelah hampir 4 jam perjalanan akhirnya sampai juga ke pintu gerbang objek wisata Curug Malela. Mungkin karena bukan hari libur, pintu gerbang tidak dijaga, jadi saya masuk gratis deh *bayar juga cuma Ro 2.000 sih katanya :D. 

Ternyata saya ketipu lagi. Jarak antara gerbang dan lokasi curug juga cukup jauh. Sampai di tempat parkir ada 2 warung bambu yang cukup sepi. Cuma ada beberapa motor yang terparkir di depannya. Setelah memarkir motor kita harus jalan kaki menurun lewat jalan setapak dan pematang sawah kira-kira 2 km. Dari jalan setapak sudah terlihat curug yang terletak di lembah. Saya langsung action foto-foto. 

Akhirnya setelah perjalanan yang cukup melelahkan dan pinggang pegal-pegal, Curug Malela membentang di hadapan saya. Dengan semangat saya melompati batu-batu, pengen nyebur liat air yang gemericik. Semangat saya langsung drop begitu mendekat ke air, ternyata airnya agak hijau berbusa, dan banyak sampah :(((((((. Mungkin karena bukan hari libur pengunjung hari itu sangat sepi, cuma ada beberapa cowok yang sedang berenang. hueek, mual membayangkan berenang di air limbah. Saya cuma duduk di batu besar sambil foto-foto, memandang lereng-lereng gunung di sekitar curug & burung Elang yang melintas. 

Karena takut kemalaman, baru setengah jam di Curug kita harus buru-buru kembali ke Bandung. Nah, perjalanan naik ke tempat parkir ini yang sangat melelahkan, nanjak sampai ngos-ngosan dan keleyengan. Begitu sampai, baju sudah basah karena keringat. Baju yang disiapkan untuk ganti setelah berenang akhirnya dipakai ganti karena basah keringat. 

Hari mulai gelap saat perjalanan menuju Bandung, saya tergoda melihat kios-kios yang menjual gurilem di Cililin. Harga sebungkus besar gurilem cuma Rp 2.000, kebayang berapa keuntungan gurilem dengan merk terkenal di Bandung. Saya langsung borong untuk oleh-oleh. 

Jam 8 lewat kita baru sampai di Bandung. total hampir 8 jam perjalanan untuk menikmati Curug Malela selama setengah jam saja -____-. Curug Malela memang lebih cocok untuk pejalan yang suka berpetualang, jadi bisa menikmati perjalanannya juga. Untuk yang gak sabaran mending tunggu dibangun Helipad baru main ke sini 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s