Cara Mengajukan Visa Jepang

Setiap traveling saya selalu berfikir “Pokoknya nanti mau nulis tentang perjalanan ini” tapi begitu pulang kelupaan & males deh hehe. Mumpung masih baru pulang & inget banyak detail saya mau nulis pengalaman traveling ke Jepang, tapi sebelumnya mau cerita dulu cara mengajukan Visa Jepang

Warga negara Indonesia sekarang bisa bebas Visa ke Jepang, tapi syaratnya harus punya e-passport & mendaftar Visa Waiver di Kedutaan Jepang sebelum berangkat. Saya sudah punya e-passport & suami belum, jadi kita apply visa dengan cara berbeda.

Karena suami (eh waktu apply sih masih calon :p) tinggalnya di Bandung, jadi saya juga yang urus Visa-nya di Jakarta. Sayangnya apply Visa ga bisa diwakilkan kalau bukan sama anggota keluarga  jadi saya pake jasa travel agent Dwidaya Tour di Grand Indonesia. Diitung-itung mending bayar ekstra Rp 100.000 daripada dia bolak balik Jkt-Bandung 2x, abis waktu & ongkos.

Berikut adalah perbedaan Visa Waiver & Visa reguler: 

Persyaratan dokumen: 

Visa waiver: Passport & formulir singkat. bisa di download di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver_form.PDF

Visa reguler: 

1. passport

2. formulir lebih panjang panjang,  bisa didownload di http://www.id.emb-japan.go.jp/application2.pdf

3. pas foto backgroud putih ukuran 4,5cm x 4,5cm

image

4. rekomendasi perusahaan tempat bekerja (surat ditujukan pada japan embassy, ada keterangan kapan tanggal berangkat & pulang)

5. rekening koran 3 bulan terakhir

6. itinerary selama di Jepang, download template di http://www.id.emb-japan.go.jp/vish_itnr.doc

7. bukti pemesanan tiket & booking hotel 

Biaya: 

Visa waiver : gratis 

Visa reguler: Rp 320.000 

Lama proses pengajuan:

Visa Waiver: 2 hari kerja 

Visa Reguler: 4 hari kerja

Masa berlaku: Visa waiver: 15 hari kunjungan dengan expiry date 3 tahun sejak diterbitkan atau setelah passport habis (mana yang lebih dulu) 

Visa reguler: 15 hari kunjugan dengan expiry date 3 bulan sejak diterbitkan 

Untuk pengajuan Visa kita bisa datang ke kedutaan Jepang yang letaknya di jalan MH Thamrin, tepat sebelah Plaza Indonesia. Bagi yang bawa kendaraan pribadi bisa parkir di PI atau GI. 

Waktu pengajuan Visa adalah pukul 08:30 sd 12:00. Setelah menukar ID dengan visitor card, kita bisa masuk gedung & ambil nomor antrian. Saat mengantri ada bapak-bapak yang mengedarkan tanda terima berupa kertas kecil 2 rangkap. Sebaiknya saat dipanggil semua form sudah terisi lengkap & dokumen sudah tersusun. Setelah data diserahkan, kita bawa tanda terima untuk pengambilan. 

Pelayanan Visa di kantor kedutaan Jepang dibagi 2 sesi, 08:30 sd 12:00 untuk pendaftaran, 13:30 sd 15:00 untuk pengambilan. Jadi, untuk pengambilan Visa datanglah di tanggal yang ditentukan selepas jam makan siang. Prosesnya sama seperti pengajuan, ambil nomor antrian dan tunggu dipanggil. Karena saya apply Visa Waiver, begitu dipanggil saya langsung serahkan tanda terima & passport bersticker Visa langsung pindah ke tangan. Untuk Visa reguler, kalau sudah approve kita harus membayar biaya saat pengambilan. Kalau belum approve kita akan dikasi tau dokumen apa yang kurang & diminta apply ulang

Ini dia tampilan VIsa setelah jadi:

Visa Reguler:

image

VIsa Waiver:

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s