Trekking Trip Pertama Kelana

Dari jauh sebelum nikah udah cita-cita banget pengen bawa bocah hiking pake baby carrier Deuter Kid Comfort. Akhirnya kesampean juga beli di usia Kelana hampir 8 bulan. Nakbayik happy banget waktu nyoba pake gendongannya di rumah.

Tanpa nunggu lama-lama, langsung rencanain trip weekend itu juga. Kebetulan nakbayik udah bisa duduk sendiri, jadi udah memenuhi syarat untuk pake baby carriernya.

Pengennya sih langsung naik gunung beneran, tapi buat latihan kita coba trekking di track yang ga terlalu panjang & bukan alam liar banget supaya gampang antisipasi kalau bayi rewel atau ada kejadian ga diinginkan. Terpilihlah Taman Hutan Raya Djuanda untuk tujuan trekking pertama kita.

Malam minggu udah siapin barang-barang apa aja yang mau dibawa supaya bisa berangkat subuh karena jam3 sore si Yayah ada undangan acara di TSM. Diapers, tissue, baju ganti, susu, alat makan, & cemilan semua muat di bagian bawah baby carrier. Mainan & topi saya ikat pakai pita yang dikaitkan ke baby carrier & disimpan di kantong samping. Kok pake diikat segala? Supaya ga ilang karena nakbayik lagi hobi lempar-lempar barang 😁😁

Minggu pagi, boro-boro berangkat subuh, alarm kita cuekin semua. Mendekati jam6 Bubu baru bangun & memutuskan masakin sarapan & mandiin nakbayik dulu. Sambil ngantuk karena dibangunin paksa, nakbayik sarapan & mandi di kamar mandi darurat, bak cuci piring 😅😅


Jam 7 pagi kita siap berangkat. Alhamulillah lalu lintas bersahabat, sebelum jam 8 kita udah sampe di gerbang Tahura.


Petualangan dimulai. Target awal trekking sampai air terjun Maribaya, tapi karena ngejar waktu jam3 di TSM kita putuskan cukup sampai penangkaran rusa. Jarak dari pintu gerbang ke penangkaran rusa kira-kira 3km.

 

Nakbayik happy & ketawa-ketawa riang, apalagi kalau dibawa bercanda lari-lari kecil atau gerakan naik turun. Sampai depan goa Belanda kita istirahat sebentar sambil ngemil di warung. Nakbayik anteng lihat aksi kera makan jagung yang dilempar pengunjung.

Perjalanan dilanjut muter lewat bukit, kalau mau lewat goa bisa hemat waktu sih tapi karena udah diwanti-wanti si nenek jangan bawa bayi masuk goa jadi kita pilih muter aja.

 

Wefie, nakbayik ikutan sadar kamera :))

Jam 9:30 sudah sampai belokan penangkaran rusa, tapi nakbayik mulai ngantuk karena memang jamnya tidur. Untungnya gak rewel, cuma lebih anteng & tiba-tiba ketiduran.

 

 

Sampai di penangkaran pas jam makan rusa, jadi bisa lihat rusanya dari dekat deh. Kalau bukan jam makan rusa pengunjung bisa beli wortel untuk memancing rusa ke pinggir, harganya Rp 5,000 aja perplastik

 

 

Awalnya nakbayik kaget kebangun karena suara rusa. Sempet nangis beberapa detik tapi langsung ketawa lagi setelah diayun-ayun  ke atas (gampang banget dirayunya hehe). langsung excited liat rusanya dari deket.

 

Jam 10:30 kita siap-siap turun. Nakbayik masih ngantuk berat,  tidur sepanjang perjalanan. Awalnya sih mau lewat jalan muter lagi tapi karena agak gerimis kita lewat goa aja. Cuma 45 menit perjalanan tanpa berhenti kita sampai di pintu keluar.

 

Tidur pulas sepanjang perjalanan

Trek di Tahura sudah dilengkapi paving block (meski banyak yang rusak jadi becek juga), jalannya ga terlalu nanjak & ada warung di beberapa titik jadi cocok banget untuk family trip. Selain trekking, banyak juga yang memilih bersepeda. Warung-warung menyediakan minuman hangat, gorengan, jagung bakar, sampai colenak.

Bagi yang biasa naik gunung atau wisata alam ke luar negeri mungkin pemandangan di Tahura kelihatan biasa aja, tapi lumayan kok untuk olahraga dan mendekatkan anak-anak dengan alam. Kita bisa mengenalkan aneka jenis pohon, ada beberapa binatang seperti kera & rusa, juga melewati sungai dan air terjun (kalau sampai ke Maribaya). Dekat pintu masuk ada taman bermain di pinggir danau. Oh dan jangan lupa juga, Tahura juga bisa mengajarkan tentang sejarah karena ada Goa Jepang, Goa Belanda, & Museum Djuanda.

Dengan tiket Rp 10,000 perorang, worth it benget menurut saya 🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s